Artikel Penelitian

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Layanan
Bimbingan Konseling di Kelas IX-1 SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo

Hadidjah Samadi Akase

SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo
hadidjaakase67@gmail.com

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi Covid 19 melalui layanan bimbingan konseling di Kelas IX-1 SMP Negeri  2 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah “The One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik yang berjumlah 25 orang, sedangkan sampel terdiri dari 25 orang, satu kelas ini dijadikan sebagai kelompok eksperimen sekaligus sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi Covid 19 sebelum diberikan layanan bimbingan konseling menunjukkan skor minimum 60, skor maksimum 85, rata-rata nilai 70.75 dengan rentang nilai 25. Adapun motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi Covid 19 setelah diberikan layanan bimbingan konseling adalah skor minimum 60, skor maksimum 90, rata-rata nilai 79.56 dengan rentang nilai 20. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh nilai 0.600 yang berarti terdapat hubungan antara pre-test dan post-test dengan demikian hal ini berarti HI diterima. Kesimpulan yang diperoleh adalah derajat hubungan antara pre-test dan post-test signifikan secara statistik. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara motivasi belajar peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan konseling dengan motivasi belajar peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan konseling.

Keyword; Motivasi Belajar; Layanan Bimbingan Konseling; Pandemi: Covid 19

Reading Fulltext PDF