Artikel Penelitian

Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Schnepper Dengan Metode Rintangan
Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo

Awin Pomontolo

SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo
awinpomontolo@gmail.com

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya Schnepper dengan menggunakan metode rintangan pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika siswa yang telah mencapai standar ketuntasan minimal (KKM 75) berkembang menjadi 85%, dari keseluruhan jumlah siswa di kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo, maka proses pembelajaran telah tuntas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan tindakan berulang, baik pada siklus 1 maupun siklus 2, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup berarti. Hal ini berarti bahwa penggunaan metode rintangan sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya Schnepper pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode rintangan, sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, karena dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya Schnepper. Penggunaan metode mengajar menggunakan rintangan memacu motivasi siswa, selain itu siswa dapat memiliki kemampuan fisik yang lebih maksimal dan diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Keyword: Metode Rintangan; Gaya Schnepper

Reading Full Text PDF